Jenis Touch Screen, Yuk Intip Apa Saja!

Jenis Touch Screen
Jenis Touch Screen Kamu Perlu Tahu!

Jenis Touch Screen – Layar sentuh (touch screen bahasa Inggris) adalah perangkat input komputer yang bekerja dengan layar yang dapat disentuh dengan jari atau pena digital. Touch screen memiliki cara kerja di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan cara menyentuh tulisan di layar itu sendiri, hal ini merupakan cara yang paling nyaman untuk menggunakan komputer dan sekarang ini semakin banyak digunakan.

Ada banyak sekali jenis touch screen, jenis-jenis touch screen sendiri memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini Beberapa jenis touch screen.

1. Resistive Touch Screen

Resistive Touch Screen adalah jenis layar yang menggunakan tekanan sebagai sensor sentuhan dapat menggunakan jari, pena, atau benda keras lainnya. Layar sentuh resistif mencakup dua lapisan bahan konduktif dengan ruang yang sangat kecil di antara. Ketika layar sentuh resistif, dua lapisan bertemu di titik kontak di sirkuit untuk membuat semacam titik kontak. titik kontak ini diproses oleh prosesor sebagai sensor pemicu untuk memproses informasi pada sistem, seperti aplikasi sistem operasi.

Meskipun jenis teknologi resistif bisa sangat akurat, tetapi sering digunakan dalam awal dan akhir smartphone kekurangan fungsi-fungsi tertentu secara bersamaan menyentuh atau multitouch. Pengguna dapat menyentuh layar dengan lebih dari beberapa tombol, tapi layar resistif hanya mengakui titik kontak pertama kontak dengan layar. Layar sentuh resistif keresponsifan tidak seperti layar sentuh kapasitif dan sering digunakan pena untuk mengidentifikasi titik kontak secara akurat.

2. Capacitive Touch Screen

Capacitive touch sceen (layar sentuh kapasitif) adalah jenis layar yang menggunakan tubuh manusia sebagai sensor sentuh kapasitif alami. Tubuh manusia mampu menyimpan muatan listrik alami beberapa puluh kilo-volt. Capacitive touch screen pada smartphone atau tablet menggunakan berbagai sensor, di mana kontak manusia mempengaruhi medan elektrostatik pada layar.

Capacitive touch sceen terdiri dari lapisan ditutupi dengan konduktor transparan. Ketika layar sentuh kapasitif, itu akan menciptakan medan elektrostatik diukur sebagai perubahan kapasitansi, kemudian dideteksi dan diproses oleh prosesor, yang kemudian mengontrol sistem operasi untuk memicu tindakan yang tepat.

Capacitive touch sceen jauh lebih baik dan lebih sensitif terhadap sentuhan jari manusia. Layar kapasitif lebih baik dari layar resistif, sehingga pengalaman pengguna yang lebih baik.

Capacitive touch sceen jelas memberikan tampilan visual transparansi pada layar hingga 90 persen, dapat dilengkapi dengan screen guard yang dirancang khusus melindungi terhadap goresan tanpa mengganggu fungsi smartphone. Capacitive touch sceen mendukung fitur sentuh bersamaan (multitouch).

3. Multi Touch Screen

Multi Touch Screen adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Arti dari kata “multi” yang berarti banyak, kita melihat bahwa keuntungan dari layar sentuh mungkin akan terpengaruh oleh lebih dari satu jari. Multi Touch Screen mampu disentuh oleh jari puluhan orang secara bersamaan. Multi Touch Screen dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi dan memindahkan posisi objek pada layar seperti foto atau games.

Ketiga jenis touch screen diatas memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda sedang mencari touch screen, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top